Kehebohan Terkini! Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud dalam Sorotan 4 Lembaga Survei Terkemuka

Dalam beberapa pekan terakhir, dunia politik di Indonesia dihebohkan oleh hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang dirilis oleh beberapa lembaga survei ternama. Namun, sorotan terbesar jatuh pada keputusan kontroversial Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang akan menjadi cawapres mendampingi capres Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Kini, mari kita lihat bagaimana elektabilitas Prabowo-Gibran berdiri di antara pasangan calon lain, yakni Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.


Apakah kemunculan Gibran sebagai cawapres berpengaruh pada elektabilitas Prabowo-Gibran? Itu semua terungkap dalam laporan berikut yang dihimpun oleh Tribunnews.com pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Survei LSJ (Lembaga Survei Jakarta)

Dalam survei yang dilakukan oleh LSJ menjelang Pemilu 2024, Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas mencapai 40,2 persen. Sementara itu, Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan sekitar 34,5 persen, sedangkan pasangan Anies-Cak Imin hanya mendapat 19,3 persen dukungan. Ada juga 6 persen responden yang masih meragukan pilihan mereka.

Survei LSJ dilakukan antara tanggal 18 hingga 26 Oktober 2023 dengan melibatkan 1200 responden dari seluruh 38 provinsi di Indonesia. Survei ini menggunakan metode pengambilan sampel secara acak bertahap (Multistage Random Sampling) dengan margin of error sekitar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Indikator Politik Indonesia

Survei dari Indikator Politik dilaksanakan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan putusan terkait batas usia capres-cawapres. Survei ini berlangsung mulai tanggal 16 hingga 20 Oktober 2023 dan melibatkan 2.567 responden dalam wawancara tatap muka.

Berdasarkan hasil survei ini, Prabowo-Gibran masih mendominasi dengan elektabilitas mencapai 36,1 persen. Mereka diikuti oleh Ganjar-Mahfud MD dengan 33,7 persen dan Anies-Muhaimin di posisi ketiga dengan 23,7 persen dukungan.

Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Survei dari LSI menunjukkan bahwa dukungan terhadap Prabowo Subianto akan meningkat jika ia maju dalam Pilpres 2024 dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya. Djayadi Hanan, Direktur Eksekutif LSI, mengungkapkan bahwa saat masyarakat ditanya secara umum tentang dukungan terhadap tiga calon presiden, Prabowo mendapatkan 35,8 persen, Ganjar 30,9 persen, dan Anies 19,3 persen. Namun, ketika ditambahkan dengan Gibran sebagai cawapres Prabowo, dukungan untuk Prabowo meningkat menjadi 39,2 persen.

Survei ini dilakukan antara tanggal 16 hingga 18 Oktober 2023.

Ipsos Public Affair

Setelah MK mengumumkan putusan tentang batas usia capres-cawapres, Ipsos Public Affair, lembaga survei asal Prancis, merilis hasil telesurvei mengenai elektabilitas capres-cawapres menjelang Pilpres 2024. Hasilnya menunjukkan persaingan ketat antara tiga pasangan calon, dengan Ganjar-Mahfud unggul tipis atas Prabowo-Gibran. Anies Baswedan-Cak Imin berada di posisi ketiga.



Sebagai informasi tambahan, putusan MK yang mengubah persyaratan pencalonan presiden dan wakil presiden membuka jalan bagi Gibran Rakabuming, yang saat itu berusia 36 tahun, untuk mencalonkan diri sebagai cawapres. Keputusan ini menjadi sorotan dalam dunia politik.

Related Posts

Previous
Next Post »
close