Apakah Aku Terkena Hepatitis? Kenali Gejalanya

Jika  anda sering mendengar kata orang ihwal penyakit liver, itulah Hepatitis, meskipun tidak semua penyakit yang menyerang liver yaitu hepatitis. Hepatitis yaitu sutu peradangan yang terjadi pada liver atau hati lantaran karena tertentu, umumnya disebabkan oleh lantaran virus. Hepatitis ini sanggup bersifat singkat atau akut yaitu berkisar 6 bulan atau sanggup juga hingga bertahun-tahun yang disebut hepatitis kronis


Jenis dan Penyebab Hepatitis

Jenis Hepatitis dikelompokkan sesuai dengan jenis virus yang menginfeksi. Ada 7 jenis virus yang kesemuanya di wakili oleh huruf huruf A hingga G. Hepatitis akhir virus hepatitis A disebut hepatitis A. Hepatitis akhir serangan virus hepatitis B disebut hepatitis B. Demikian juga seterusnya hingga G. Hepatitis juga sanggup terjadi lantaran benjol virus lainnya, menyerupai mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan benjol sitomegalovirus.

Penyebab lain dari hepatitis ini sanggup lantaran penggunaan obat yang salah dan juga konsumsi alkohol berlebih.Yang perlu dicermati, penyebab hepatitis ini bukan akhir virus, obat atau alcohol semata, melainkan juga sanggup akhir terkena paparan aneka macam zat kimia berupa polusi udara, air maupun darat. Paparan aneka macam zat kimia sanggup jadi meliputi arsen, fosfor, tetraklorida, dan lainnya, yang biasanya dipakai dalam industri modern. Zat-zat kimia tersebut sanggup masuk ke dalam tubuh dengan aneka macam macam cara mulai dari terhirup hidung, tertelan hingga diserap kulit.

Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini sanggup semakin memburuk dan bisa-bisa menjadi terbentuknya jaringan parut di hati atau sirosis hepatis. Sirosis hepatis yaitu cikal bakal terjadinya kangker hati.

Apa saja tanda-tanda hepatitis?

Apakah anda sering mengalami mual, isi perut seakan ingin keluar, nafsu makan menurun sehingga berat tubuh anda juga menurun? Dan anda kadang juga mencicipi mengalami demam ringan. Boleh jadi itulah tanda-tanda hepatitis. Apalagi bila beberapa hari atau ahad lalu muncul tanda-tanda yaitu warna mata menjadi kuning dan kencing berwarna keruh menyerupai teh. Sebenarnya jenis tanda-tanda di sesuaikan dengan jenis hepatitis yang diderita, Namun rata-rata tanda-tanda yang nampak pada semua jenis penyakit hepatitis yaitu menyerupai di atas. 

Hanya saja hampir separuh orang yang terkena hepatitis tidak akan menyadari bahwa ada peradanagn di dalam livernya. Karena saking tidak kentaranya gejala-gejala hepatitis yang timbul, beberapa orang bahkan tidak mengalami tanda-tanda sama sekali. Mereka menyerupai tidak sedang menderita apa-apa. Keadaan tubuh mereka baik-baik saja. Ini lah yang ancaman hingga sanggup dideteksi adanya aktifitas virus di dalam hati seseorang.

Lalu bagaimana cara yang sempurna untuk mendeteksi Hepatitis?

Selain tanda-tanda anda sanggup mengenali  penyakit ini dari investigasi darah. Terutama item-item tertentu yang behubungan dengan hati. Item paling penting yaitu investigasi protein hati berjulukan SgOT dan SgPT. Dua jenis protein hati di atas yaitu indikasi dari fungsi hati seseorang, Jika angka OT/PT meningkat, otomatis sanggup dikatakan fungsi hati sedang terganggu. Umumnya bila OTPT meningkat sedikit tidak usah merisaukannya, lantaran mungkin peningkatan itu bukan berasal dari benjol virus. Namun Jika meningkatnya fungsi hati lebih dari dua kali lipat angka normal, anda harus mulai waspada akan serangan penyakit ini. Hasil  OT/PT ini biasanya didukung dengan investigasi HbSaG, anti HbS, LED, albumin darah dan  bilirubin-urobilin dalam urine.

Itulah pengenalan awal penyakit liver berjulukan Hepatitis. Selain beberapa keterangan di atas, ada banyak lagi hal yang perlu di pelajari dari penyakit yang sebagian andal menyampaikan lebih berbahaya dari HIV ini. Informasi-informasi mengenai hepatitis menyerupai “ komplikasi hepatitis”, “sebab hepatitis selain dari virus “ dan juga “ pengobatan hepatitis” saya kira sangat layak anda lahap sebagai pelengkap pengetahuan. 

Semoga kita sanggup terhindar dari penyakit ini. Kalaupun anda kini sedang menderita hepatitis, jangan patah arang.Hepatitis mungkin termasuk penyakit yang sukar sembuh, namun kesembuhan juga bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Makara tetaplah maju, lawan penyakit ini dengan keyakinanmu!


Selamat sehat….
Previous
Next Post »
close