Wow, Banjir Kreativitas di HUT RI 2023! Berapa Usia RI Kali Ini?

Wah, nggak terasa nih, tiap tahun Indonesia tuh selalu heboh merayakan hari proklamasi kemerdekaan. Nah, pas tanggal 17 Agustus 2023 kemarin, kita lagi merayakan ulang tahun RI yang keberapa ya?


Jadi begini, setiap tahunnya tanggal 17 Agustus itu jadi momen spesial buat merayakan kemerdekaan Indonesia. Nah, di hari yang ditunggu-tunggu itu, kita sering lihat berbagai acara seru, yang puncaknya ya upacara pengibaran bendera merah putih.

Nah, tahun ini juga enggak ketinggalan deh kita rayain kemerdekaannya. Tapi, nih ya, tahu gak sih kalian berapa tahun Indonesia merayakan HUT RI yang ini?

Biar pada tahu lebih jelas, yuk kita bahas lengkapnya. Nah, jadi, kita sudah pada tahu kan kalau tiap tanggal 17 Agustus itu hari di mana Indonesia merayakan HUT Kemerdekaannya. Nah, kalau dihitung dari waktu pertama kali Proklamasi dibacain sama Bung Karno pada 17 Agustus 1945, tahun 2023 ini kita merayakan HUT RI yang ke-78, loh!

Terus, ada yang penasaran nggak nih, hari apa sih tepatnya kita merayakan HUT RI yang ke-78 ini? Nah, buat yang penasaran, kabar baiknya adalah ada Surat Keputusan Bersama (SKB) dari tiga Menteri, yang ditetapkan di Jakarta tanggal 29 Maret 2023 lalu.

Nah, dalam SKB yang ditetapkan itu, disebutkan kalau Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuhnya pas hari Kamis, tanggal 17 Agustus 2023. Nah, momen spesial itu jadi hari libur nasional, jadi semua orang bisa merayakan dengan seru!

Tema Kemeriahan HUT RI ke-78

Nah, kalian tau gak tema HUT RI yang ke-78 tahun ini? Makin seru aja, tema yang diusung kali ini adalah 'Terus Melaju Menuju Indonesia Maju'. Jadi, ini tuh sebagai ajakan buat kita semua buat terus berjuang demi kemajuan negara tercinta.

Sesuai yang diomongin sama Sesmensesneg Setya Utama, tema ini sebenernya cerminan semangat kita buat nggak berhenti dalam pembangunan, dan kerja sama buat wujudin Indonesia yang lebih maju. Makanya, tema ini jadi semacam semangat buat semua orang buat ikut berkontribusi dan terus berjuang.

Tema keren ini juga kita bisa lihat di Pedoman Identitas Visual buat HUT RI yang ke-78, yang dikeluarkan sama Kemensetneg RI. Nah, semangat HUT RI ke-78 ini tuh buat semua komponen bangsa, biar bisa bersatu dan terus semangat nggak berhenti, kayak estafet gitu, semua lari bareng-bareng demi satu tujuan. Keren, kan?

Logo Keren HUT RI ke-78 dan Makna di Baliknya

Oh ya, jangan lupa juga nih tentang logo HUT RI ke-78 yang asyik banget. Jadi, logo ini ada dalam Pedoman Identitas Visual yang dikeluarkan sama Kemensetneg RI. Logo HUT RI ke-78 ini punya arti yang dalam loh, nggak cuma keren aja.

Jadi, bentuknya itu angka 78 dengan warna merah. Nah, ini melambangkan pertumbuhan yang terus berlanjut bareng-bareng, dan semua orang harus tanggung jawab dalam perjuangan ini. Ide bagus, kan?

Ada beberapa hal keren yang bisa kita temuin di lekukan logo ini, loh. Pertama, ada gambar estafet, yang artinya kita semua harus terus melanjutkan perjuangan bareng-sama. Kedua, angka 7 yang mirip panah, sebagai simbol buat terus maju, terus berkembang. Ketiga, ada bentuk Pancasila, yang artinya nilai-nilai dasar negara harus selalu jadi pegangan kita.

Selanjutnya, ada gambar tanggung jawab bersama. Ini tuh nggak cuma tentang bantuan bareng, tapi juga tentang berbagai elemen yang terlibat dalam perjuangan ini. Yang terakhir, ada gambar keberlanjutan, yang artinya semangat pembangunan nggak berhenti, semua harus ikut serta demi Indonesia yang maju.

Nah, gitu deh penjelasan tentang ulang tahun ke-78 RI yang kita rayakan tanggal 17 Agustus 2023 kemarin. Selamat ulang tahun buat Indonesia yang ke-78! Yuk, semangat terus buat Indonesia Maju!

Related Posts

Previous
Next Post »
close