Cara Menciptakan Hand Sanitizer Alami!

Di Jaman penuh kuman, virus dan basil menyerupai sekarang, melindungi badan dari serangan maklhuk renik sangat diperlukan. Tidak menutup kemungkinan, maklhuk super kecil yang masuk ke badan kita akan menjadikan penyakit bagi kita. Penyakit menyerupai tipes, kolera, mencret, influenza ialah beberapa pola penyakit yang biasa timbul dikala kita tidak menjaga imun badan kita dengan baik. 

Tangan merupakan bab badan yang sering membawa bibit penyakit. Celakanya, tangan jugalah yang sering kita gunakan untuk aktifitas sehari-hari. Karena itu kebersihan tangan mutlak sangat diharapkan supaya ia tidak menjadi sarana bibit penyakit masuk ke badan kita. Bahkan beberapa orang yang berprofesi sebagi perawat, dokter, dan tenaga medis membutuhkan ke-sterilan tangan dalam mendukung pekerjaannya lain. Demikian juga para juru masak dan pramusaji. 

Karena itu kini banyak orang menggunakan hand sanitizer atau cairan anti septic yang di usapkan ke seluruh permukaan tangan. Cairan ini sangat gampang di apat, juga gampang sekali di gunakan. Hanya saja di balik kepraktisan ini ternyata ada titik lemahnya. Anda mesti mengetahui bahwa Hand sanitizer yang bebas di jual di pasaran ketika ini dapat menciptakan kuman resisten atau kebal terhadap cairan anti septik itu. Kalau sudah kebal kesudahannya percuma menggunakan hand sanitizer bukan?

Dilansir dari mom.me, Dr. Lawrence Rosen seorang dokter seorang hebat anak dan penulis Treatment Alternatives for Children menyatakan bahwa pembersih tangan instan akan menciptakan kuman menjadi resisten. Demikian juga cairan inin juga mempunyai imbas hormonal dan malah menurunkan sistem imun seseorang.

Lalu solusinya menyerupai apa?
Tidak usah kahawatir, alam bersama-sama telah menyediakan segala sesuatu untuk kemanfaatan manusia. Kita saja yang belum mengetahuinya. Berikut ialah beberapa materi bersifat anti septic yang sangat gampang dibentuk secara alami untuk dijadikan hand sanitizer alami. 

1. Menggunakan Cuka sebagai Hand sanitizer alami.

Cuka mempunyai kandungan anti basil yang dapat membunuh 99% bakteri. Selain itu, cuka juga tidak beracun, tidak menjadikan polusi, dan tidak berbahaya juga jikalau termakan. Untuk menggantikan pembersih tangan instan, Anda dapat bawa sebuah botol kecil yang berisi cuka dengan sedikit adonan air. Menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal meneteskan cuka ke tangan Anda dan oleskan merata.

Apakah tidak berbau? Pada dasarnya, anyir cuka yang tajam akan hilang dengan cepat dan menciptakan tangan Anda higienis seketika. Tetapi jikalau Anda tidak suka dengan baunya, Anda dapat tambahkan beberapa tetes minyak lavender atau lemon. Jika anda masih tidak cocok, cara kedua di bawah ini mungkin dapat menjadi solusi.

2. Campuran Bahan-Bahan Alami

Beberapa materi alami ini jikalau dicampurkan akan menjadi pembersih tangan yang ampuh. Bahan-bahannya antara lain 150 cc air, 1 sendok teh pengecap buaya yang sudah di hancurkan, 2 tetes larutan kayu manis, 2 tetes larutan cengkeh, 2 tetes larutan bunga rosemary, dan 2 tetes minyak kayu putih, dan jangan lupa 5 tetes minyak lemon. Masukkan semua materi tersebut ke dalam sebuah botol yang sudah biasa anda gunakan untuk menampung larutan obat.

Kayu manis, cengkeh, bunga rosemary, dan minyak kayu putih mempunyai kandungan anti mikroba. Mencampurkan bahan-bahan tersebut dan menjadikannya sebagai pembersih tangan alami sangat efektif untuk membunuh kuman. Jika Anda merasa kesulitan mencari semua materi tersebut, Anda dapat pilih satu dari bahan-bahan tersebut. Itu saja sudah cukup untuk membunuh kuman.

Itulah beberapa materi yang disediakan alam yang ternyata sangat efektif membasmi kuman sebagai pengganti Hand sanitizer buatan pabrik. Menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami tentu lebih baik bukan?

Selamat sehat…
Previous
Next Post »
close