Jenis Senapan Angin Berdasarkan Sistem Kerja Pengrajin di Indonesia

Senapan Angin merupakan senjata yang menggunakan prinsip kerja pneumatik yang mana peluru ditembakkan dengan cara menggunakan tenaga gas atau Angin dengan tekanan tinggi .
Senapan angin sendiri di Indonesia sudah cukup lama beredar di masyarakat, sejarahnya Senapan Angin pertama kali diciptakan oleh Amerika Serikat yang pada waktu itu sedang mengalami perang kemerdekaan saat melawan Negara Inggris.
Senapan angin adalah senjata yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk berburu hewan kecil yang kerap kali merupakan hama yang memang harus di basmi.
Perlu kita ketahui bersama, ternyata saat ini di Indonsia sendiri perkembangan Senapan Angin tumbuh dengan sangat cepat mengikuti perkembangan Senapan Angin di Luar Negri, maka tak heran pengrajin Senapan Angin di Indonesia lebih banyak mengikuti model dari luar ketimbang membuat model sendiri.
Senapan angin memiliki jenis-jenis sendiri sesuai dengan sistem kerjanya, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui jenis Senapan Angin yang pernah ada, untuk itu disini saya akan berbagi pengetahuan tentang  Jenis Senapan Angin Berdasarkan Sistem Kerjanya :
 
1. Senapan Angin PCP
Merupaka Senapan angin hasil perkembangan tekhonologi,  yang mana menggunakan sumber tenaga dari udara dengan tekanan tinggi. Cara kerja senapan angin pcp sendiri menggunakan tabung kusus yang bermuatan angin dengan kapasitas maksimal 2500 psi (safety),  kemudian dilengkapi dengan pemukul yang bertujuan untuk mengeluarkan angin yang berada di tabung yang tertutup oleh penahan sebagai perantara keluar angin dari tabung.
PCP  sendiri merupakan singkatan dari  Pre Charged Pneumatic yang mana untuk setiap kali mengisi tabung dengan tekanan udara dari 2000 - 2500 Psi bisa menghasilkan lebih kirang 40-50 kali tembakan sesuai dengan besar dari tabung angin itu sendiri. Untuk mengisi angin kedalam tabung bisanya digunakan Hand Pump serta Compressor khusus yang memang diperuntukkan untuk mengisi angin dengan tekanan tinggi, bukan compressor biasa yang digunakan untuk mengisi ban kendaraan.
2. Senapan Angin Spring
Untuk senapan angin jenis ini menggunakan Piston sebagai sumber tenaga dilesatkannya peluru dengan bantuan Per sebagai pemukulnya. Senapan jenis Spring ini sangat mudah sekali dalam penggunaannya dikarenakan hanya butuh sekali pompa sekaligus mengisi peluru, kemudian bisa langsung melesatkan peluru dengan kecepatan tinggi.
3. Senapan Angin Pompa Tangan / Uklik
Jenis senapan angin yang selanjutnya adalah Uklik, senapan jenis ini biasanya menghasilkan tenaga melalui tabung kecil yang berfungsi sebagai penyimpanan angin yang diisi melalui pompa yang telah tersedia, baik itu pompa bawah dan juga pompa samping, Senapan uklik sendiri mampu melesatkan peluru dengan kecepatan tinggi karena angin yang tersimpan dalam tabung pada saat ditembakkan akan keluar semua dengan sendirinya, baik itu 3 kali pompa ataupun banyak pompa, karena pada dasarnya sistem senapan uklik sendiri hanya bisa melakukan sekali tembakan walaupun banyak jumlah pemompaannya, berbeda dengan jenis PCP
4. Senapan Angin Gejluk
Untuk senapan angin gejluk sistem kerjanya hampir sama dengan Uklik, yang membedakannya hanya pada letak pumpanya, jika di uklik menggunakan pompa tangan sedangkan senapan angin Gejluk pompanya menggunakan kaki. Tapi saat ini para pengrajin  senpan angin gejluk telah melakukan perubahan dengan menggunakan 2 sistem, yakni bisa di pumpa menggunakan kaki dan juga bisa diisi angin layaknya seperti jenis PCP.
Demikianlah penjelasan tentang  Jenis Senapan Angin Berdasarkan Sistem Kerja Pengrajin di Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, jangan lupa bagikan tulisan ini kija bermanfaat dengan mencantumkan link sumbernya, terima kasih.
Previous
Next Post »
close