Jamming pada Jaringan Komputer

SALAH SATU KEJAHATAN DI BIDANG TEKNOLOGI ( JAMMING ) 
A.  Makna Dan Pengertian Jamming
           Jamming adalah suatu istilah dimana terdapat gangguan yang mengakibatkan kemacetan pada saat penerimaan maupun pengiriman data.
Penyebabnya di dalam penerimaan sinyal data biasanya adalah karena interferensi atau gangguan dari sinyal yang mempunyai frekuensi sama atau hampir sama.
 
Jamming akan lebih berbahaya apabila dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab (misalh : teroris), yang dengan aksinya megngakibatkan jaringan di suatu kota lumpuh (dalam rangka melancarkan aksi terornya). 
B. Jenis Jenis Jamming
     1. Single-Tone Jammer  
     2. Multiple-Tone Jammer
     3. Pulsed-Kebisingan Jammer 
     4. ELINT
C. Cara Penanggulangan Jamming
      1. Menggunakan Teknik SS (spread spectrum)
      2. Menggunakan FHSS
      3. Menggunakan IEEE802.15.4


D.  Cara kerja perangkat jamming

1.  Exciter

Merupakan bagian terpenting , karena seluruh proses pembangkitan sinyal sweeper(penyapu), sinyal derau (noise) dan sinyal oscilator (Voltage Control Oscilator)berasala dari bagian ini.

2.  Driver Amplifier

Bagian ini berfungsi untuk memperkuat sinyal keluaran dari Exciter sebelum masuk ketingkatn Power Amplifier.Rangkaian Driver Amplifier merupakan sebuah penguat pita lebar ( wideband) dan bekerja sebagai penguat kelas A atau linier Amplifier.

3.  Power Amplifier

Adalah bagian terakhir yang berhubungan dengan antenna,bagian ini cara bekerjanya mirip dengan Driver Aplifier yaitu sebagai penguat kelas A atau linierv amplifier, daya output yang dihasilkan sebesar 100 Watts.

4.  Power Supply

Merupakan sumber catu daya hanya untuk bagian Power Amplifier saja, teganagan catuannya sebesar 28 V adjustable dan arus yang dihasilkan adalah sebesar 15 Ampere.

5.  Antena Tx

Jenis Antena Discone secara umum kurang popular,karena pemakainya bunyak digunakan dikalangan komersial dan militer.Kelebihan dari antena ini adalah selain mempunyai pancarannya omnidirectional juga tak kalah penting kemampuan kemampuan karakteristik frekuensinya sangat lebar (broadband). Peralatan telah berfungsi dengan baik , tetapi ada keinginan dari calon user untuk penelitian pengembangan baik dari dimensimaupun performance.Untuk itu kami melakukan penelitian mengoptimasikan daya jangkau perangkat jammer.  
"Sekian dan Terima Kasih"      
Previous
Next Post »
close