5 Solusi Mudah Mengatasi Pemanasan Global (Global Warming)



Dunia rasanya semakin hari semakin panas, betul? Tak salah jika anda berpendapat seperti itu. Karena memang data yang ada menunjukkan bahwa bumi terus menunjukkan peningkatan panas dari tahun-ketahun. Selain panas yang kita rasakan masih ada lagi hal yang membuat kita menjadi tidak tenang yakni banyaknya musibah yang terjadi di negeri kita ini. 
Hal yang membuat banyak bencana diantaranya curah hujan yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan banjir dan laju angin yang terlalu kencang sehingga menyebabkan banyak bangunan roboh. Sadarkah anda bahwa sebenarnya semua itu adalah dampak dari pemanasan global? Secara singkat dan mudah dipahami saja, pemanasan global atau global warming adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi yang terus meningkat sehingga menyebabkan udara menjadi lebih hangat dari biasanya. 
Apakah global warming itu berbahaya? Tentu saja hal ini bukan lagi bahaya, namun bisa dikatakan sangat berbahaya. Jika global warming terus terjadi maka suhu pada kutub akan meningkat yang menyebabkan es akan mencair, bila es mencair akan menyebabkan air laut naik yang menyebabkan beberapa pulau di dunia akan tenggelam. Bagaimana cara mengatasi global warming? Berikut adalah cara / langkah-langkahnya:


1. Jangan tebang hutan sembarangan
Kita tau bahwa hutan merupakan penghasil oksigen terbesar, jika hutan banyak ditebangi tanpa tanggung jawab, lantas siapa lagi yang akan memberi kita oksigen? jika oksigen sedikit atau bahkan tidak ada maka bumi akan dipenuhi dengan CO2, gas ini bersifat akan menaikkan suhu bumi. Lagi pula kita bernafas membutuhkan oksigen tanpanya kita akan mati.

2. Kurangi penggunaan kendaraan berbahan bakah (Seperti motor / mobil)
Sesuai yang telah saya katakan diatas bahwa gas CO2 akan membuat bumi kita panas, sedangkan kita semua tau bahwa kendaraan bermotor akan membuang pembuangan yang berupa gas CO2. jika semakin sedikit motor yang dioperasikan makan akan semakin sedikit gas CO2 yang dihasilkan.

3. Ganti kendaraan bermotor dengan kendaraan berbahan bakar listrik
Alternatif kedua jika memang kita sulit untuk meninggalkan kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor memang sangat kita butuhkan jadi tidak mungkin bagi kita untuk meninggalkannya, alternatifnya adalah menggunakan kendaraan bermotor yang berbahan bakar ramah lingkungan seperti listrik.

4. Mematikan lampu di siang hari
Tanpa disadari ternyata lampu juga akan membuat suhu menjadi panas, kalau tidak percaya coba aja dengan menaruh telur ayam di dekat lampu selama beberapa hari dan lihatlah telur ayam akan menetas karena suhu hangat yang dihasilkan oleh lampu tersebut.

5. Tanam pohon
ini suatu langkah positif yang sangat bagus, kalian bisa menanam pohon di pekarangan rumah dan tempat-tempat lain yang kosong. Dari pada lahan koson tersebut dibiarkan begitu saja tanpa di tanami sesuatu kan mubazir.

Demikianlah cara mengatasi global warming dan pengertian global warming, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentunya dapat membantu agar kita semua sadar bahwa kita sudah seharusnya menjaga bumi ini. Kalau tidak kita, siapa lagi?
Previous
Next Post »
close