GAME SERU UNTUK KEGIATAN MOS (MASA ORIENTASI SISWA)

GAME SERU UNTUK KEGIATAN MOS (MASA ORIENTASI SISWA)

 

 

GAME MOS..!
 Halo sahabat bangsa,ketemu lagi nich sama admin,berhubung admin lagi jadi panitia MOS,admin mau bagi-bagi beberapa game buat MOS biar tambah seru MOS nya,cekidot..

 1.    Dengarkan Suara
Anak-anak dibagi dlm beberapa group. Sediakan secarik kertas sesuai dengan jumlah anak yang hadir, bagian secara acak. Isi kertas adalah nama binatang yang mengeluarkan bunyi sederhana (kambing, anjing, kucing, dll). Dari suara tersebut, anak diwajibkan mencari group "sejenisnya" tanpa berkata-kata, yang boleh hanya mengeluarkan suara yang dia dapat.
 2.    Angka Berubah
Dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota kira-kira 10-12 orang, membentuk lingkarang (gk usah gede-gede) lalu duduk. Berhitung secara gantian searah jarum jam, dan tentukan angka diganti dengan "HORE". Misal, angka 4 dan 8. 1, 2, 3, HORE, 5, 6, 7, HORE, 9, 10, 11, 12, 13, HORE, 15, 16, 17, HORE. (14 dan 18 diganti, karena mengandung kata-kata "empat" dan "delapan".) Begitu seterusnya sampai maksimal angka yang ditentukan, misal 40 ato 50.
 3.    Gelang Berpindah
Alat yang perlu disediakan:
·       Sedotan (pilih yang agak kuat/keras)
·       Gelang plastik / gelang karet
·       Baskom/wadah
 Cara bermain :
·      Kelompokkan anak dengan anggota masing-masing kelompok 5 orang. Atau kelompokkan menjadi 3 – 5 kelompok sesuai dengan jumlam siswa di kelas Anda.
·      Setiap anak harus berdiri sejajar dengan jarak masing-masing 1-2 meter.
·      Beri setiap anak 1 buah sedotan dan minta mereka menempatkan sedotan di ujung mulut.
·      Letakkan sebuah baskom  1 meter di samping anak paling ujung pada setiap kelompok.
·      Berikan gelang plastik atau gelang karet pada anak yang berdiri paling awal, dan gantungkan pada ujung sedotannya. Ingatkan anak-anak untuk tidak menggunakan tangan untuk menahan gelang.
·      Setiap anak harus membawa gelang kepada teman satu tim mereka secara estafet, yang kemudian anak paling ujung meletakkannya pada baskom.
·      Masing-masing kelompok harus berhasil memasukkan 5 gelang secara estafet, dan kelompok yang lebih dulu memasukkan gelang paling banyak dalam waktu yang ditentukan, itulah yang keluar sebagai pemenangnya.
 4.    Mencari Dengan Diam
Peralatan                      : Perangko
Jumlah pemain           : berapa saja
Waktu                            : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampu mengobservasi
Tujuan                            : Melatih kemampuan mengobservasi
                                          Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).
 5.    Tahan Tawa
3 Junior melawak didepan junior lain ,jika ada penonton yg tertawa dia diberi hukuman.!(terserahlah), tetapi jika dalam 3 menit tidak ada penonton yg tertawa pelawaklah yg harus diberikan hukuman.! (osis akan menyediakan beberapa naskah pendek lucu)
 6.    Mengenali Teman
Peralatan      : Kertas kosong
                             alat tulis untuk setiap peserta
Jml pmain     : Bebas
Waktu            : 10- 12 menit
Osis membagikan kertas kosong kepada semua peserta , seluruh peserta lalu menulis data pribadi mereka (NAMA LENGKAP, NAMA KK/ ADIK BOLEH SEPUPU/KEPONAKAN, SEKOLAH ASAL, HOBI, ALAMAT, IDOLA, & ALAMT EMAIL “BAGI YANG TIDAK PUNYA SILAKAN MENGARANG”. Setelah itu kertas dikembalikan kepada Osis , lalu  Osis  membagikan kertas tersebut secara acak( sebelum membagikan suruhlah peserta untuk meletangkan alat tulis mereka di atas meja). Osis akan memberikan waktu selama 2-3 menit kepada para peserta untuk menghapat data pribadi temannya, Kemudian Osis menunjuk seorang pesrta MOS dan bertanya data pribadinya yg tadi dia terima. Peserta harus mampu menjawab pertanyaan pemimpin . Sementara itu yang memiliki data pribadi harus memperharikan dengan benar/ tidaknya jawabannya
 7.    Sugesti
Osis bisa member sugesti semacam ini
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa yang saya lakukan.."
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa yang saya lakukan.."
"Lakukan apa yang saya katakan dan jangan lakukan apa yang saya lakukan.." ucapkan berulang kali sampai pikiran peserta bingung pada waktu yang tiba-tiba kalian bilang : PEGANG HIDUNG! sambil tangannya nyentuh jidat (suruhannya bebas) ini semacam darat udara laut tapi versi berbeda
 HUKUMAN YG BISA DIBERIKAN :
 1.    Menyanyi
bisa dipariasikan , misalnya lagu dirubah menjadi berhurup A,U,E,O dsb. Menyanyikan sebuah lagu dengan nada seriosa. dan rap
 2.    Nari
suruh mereka menarikan tarian cirri khas dari suatu idola atau tarian , misalnya Tari Manuk Rawa ,SUJU, CHIBI , Tari Piring , Jaipong, MJ dll
 3.    Membuat sebuah Kata/ Kalimat yg hurup2  diperagakan dengan pantat
akan seru dilihat jika yg memperagakan 2 atau lebih ,tetapi suruhlah mereka mengulang sampai kompak
 4.    Meniru gaya tokoh/ iklan, atau kata-katanya yang khas
misalnya Barrack Obama “saya suka nasi goring ,sate” dan kata2 lain.! Anas Urbaningrum “kalo anas terlibat kasus Hambalang gantung anas di monas” (hehe walau agak sedikit berpolitik gapapa, yg penting happy) Syahrini “Alhamdulilah. ya sesuatu” dll
 5.    Berekting
_Menangis , tertawa atau Marah
osis akan menyiapkan sebuah percakapan tidak perduli dengan percakapan tersebut dia harus merespon dengan ektingnya
 6.    Meminta Tanda Tangan/ Data
Osis bisa menyuruh peserta MOS untuk meminta tanda tangan Seorang OSIS atau meminta info tentang sesuatu kepada warga sekolah. ( bagi osis jika dimintai info/tanda tangan kalian bisa menguji peserta tersebut)
Previous
Next Post »
close