Ragnarok Online : News part 2

>> WIZARD
Profesi 2 dari Mage. Wizard mempunyai banyak Skill ofensif, dan tentu saja dia adalah karakter pemilik semua elemen (air, tanah, api dan angin) berdasarkan pada skill yang dikembangkan.

HOW TO BECOME A WIZARD
Anggota perkumpulan Wizard berada di lantai 5 di Magic Tower di dalam Geffen. Kamu mesti bicara dengan ketua Wizard disana dengan JOB level Mage mesti minimal 40.

SKILL WIZARD
>> Fire Pillar
Persyaratan: Fire Wall Lv1(Mage)
Membuat perangkap api di tanah, menggu-nakan 1 Blue Gemstone. Hanya berfungsi terhadap monster saja dan akan memberikan ledakan api jika monster menginjaknya. Efek Skill ini adalah Skill LEVEL (50+(MATK/5)). Perangkap ini akan hilang jika dalam durasi tertentu tidak ada yang terperangkap.

>> Sense
Mengetahui detail tentang monster seperti elemen atau jumlah HP/SP. Informasi ini bisa dibagi dengan anggota grup.

>> Sightrasher
Persyaratan: Sight / Lightening Bolt Lv1(Mage)
Meledakkan bola api yang dikeluarkan dengan 'Sight' dan memberikan serangan berpencar ke setiap arah. Pada level 10 MATK yang dihasilkan sebesar 300% dan SP yang dibutuhkan sebesar 53.

>> Meteor Storm
Persyaratan: Thunder Storm Lv1(Mage) / Sightrasher Lv2
Memanggil Meteor dari langit dan membuatnya jatuh ke tanah selama 15 detik. Setiap Meteor memberi-kan ledakan ke musuh, jadi serangan yang dite-rima tidak bisa dibayangkan.

>> Jupitel Thunder
Persyaratan: Napalm Beat Lv1 / Lightening Bolt Lv1 (Mage)
Melepaskan bola petir. Musuh akan terkena serangan oleh ledakan geledek dan mental ke belakang. Peningkatan level berpengaruh pada jumlah SP, banyaknya ledakan, dan lamanya waktu proses.

>> Lord of Vermilion
Persyaratan: Thunder Storm Lv1(Mage) / Jupiter Thunder Level 5
Meledakkan suatu area dengan ledakan yang hebat, dan memberikan serangan geledek (Lightening). Efek serangan skill ini adalah 1,5xMATK. Level skill mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan Skill dan besarnya SP.

>> Water Ball
Persyaratan: Cold Bolt Lv1 / Lightening Bolt Level 1(Mage)
Mengeluarkan bola air(Aqua) ke musuh. Efek serangan Skill ini adalah (Skill LEVEL 30) + MATK. Serangan ini memang sangat kuat, tapi hanya bekerja jika berada di atas atau dekat air.

>> Ice Wall
Persyaratan: Frost Diver Lv1 / Stone Curse Lv1(Mage)
Membangun tembok beku (frozen) di tanah sekitar 5 kotak.

>> Frost Nova
Persyaratan: Frost Diver Lv1 (Mage) / Ice Wall Lv1
Membekukan semua musuh di sekitar pengguna skill.

>> Storm Gust
Persyaratan: Frost Diver Lv1 (Mage) / Jupiter Thunder Lv3
Memberikan magic Blizzard di area yang luas. Musuh yang terkena magic ini akan terpental ke segala arah dan akan terkena serangan ledakan, dan terkadang bisa membekukan mereka. Level skill berpengaruh pada waktu yang dibutuhkan untuk melakukan skill.

>> Earth Spike
Persyaratan: Stone Curse Lv1
Menimbulkan pilar batu yang meledakkan musuh.

>> Heaven's Drive
Persyaratan: Earth Spike Lv3
Menggoyangkan tanah sekitar 25 Kotak dan menimbulkan pilar batu.

>> Quagmire
Persyaratan: Cold Bolt Lv1(Mage) / Heaven's Drive Lv1
Merubah tanah (lantai) menjadi area berlum-pur sekitar 25 kotak. Musuh akan tertahan di lumpur yang membuat gerakan mereka menjadi pelan dan kehilangan 50% AGI dan DEX.

BUILD STATUS WIZARD (Oleh St.Roy, DragonBreath)
Wizard adalah karakter yang paling lurus soal pengembangan statusnya, karena status yang mesti dikembangkan sedikit, hanya INT, DEX, dan AGI. Pengurutan ini juga berarti pengurutan prioritas pengembangan status. Wizard sangat bergantung sama INT, karena selain menambah jumlah SP yang dimiliki, juga mening-katkan daya gedor sihir yang dikeluarkan. Pada level 70 biasanya INT Wizard udah mencapai 90-an, saat itu berbagai sihir yang kamu cast bakal langsung membunuh semua monster yang berkeliaran di Rune Midgard. Nah, begitu status INT udah mencapai nilai segitu, kamu bisa fokus ke DEX.

Untuk JOB lain, DEX berarti ketepatan senjata, tapi bagi Wizard DEX berarti kecepatan casting sihir. Hal ini sangat diperlukan, karena casting yang terlalu lama mengakibatkan karakter mudah diserang lawan sehingga kalo pada saat cast kamu terkena serangan, maka proses cast sihir dibatalkan dan SP tetap hilang. Jadi, waktu cast yang dipercepat untuk berbagai sihir Wizard yang dahsyat sangatlah diperlukan, apalagi pada situasi lawan MVP Boss. Menurut kebanyakan Wizard, DEX sebesar 75 udah cukup cepat untuk mengcast sihir. Nah, setelah tujuan ini tercapai, berarti kamu tinggal memfokuskan status AGI. Tapi pada saat pelaksanaannya di Rune Midgard, ada kalanya pemain menyeimbangkan peningkatan DEX dan AGI secara bersamaan. Walaupun tujuan akhirnya sama.

Nah, kalo AGI, bagi Wizard status ini penting untuk kabur atau mengelak serangan musuh sehingga waktu casting sihir tidak terganggu. Walaupun AGI difokuskan menurut prioritas yang paling terakhir, namun pada saat kamu menjadi Novice, stat ini mesti ditinggikan lebih dulu. Iya, dong, kamu kan waktu Novice belum punya sihir? Dan pengembangan AGI ini, begitu kamu mencapai Base lvl 99 bakal sebesar 50-an. Dengan begini cukup untuk menghindari serangan fisik musuh.

Skill yang paling favorit dipake kelas ini, masih menyambung dari profesi Magenya, pada profesi Mage penggunaan sihir Fire Wall (FW) dan Soul Strike (SS) jauh lebih favorit daripada sihir Lightning Bolt (tergantung tempat hunt juga sih!). FW adalah sihir tirai pelindung yang kebanyakan mampu menghabisi monster-monster agresif, sedangkan SS dipilih karena waktu cast sihir ini paling cepat sekaligus dahsyat. Rata-rata Mage elemen api memang lebih favort digunakan user di RO, tapi begitu menjadi Wizard kamu bakal mendapatkan skill sihir yang jauh lebih dahsyat dan mewakili semua elemen.

Tapi tetap saja, sebelum kamu memiliki sihir dahsyat itu, ada banyak Wizard yang meningkatkan Ice Wall dulu untuk menahan gerak musuh, efektif loh untuk kebanyakan musuh. Selain Ice Wall kamu juga bakal memperhitungkan efek yang dihasilkan Quagmire, efektif bila kamu dikepung supaya musuh berkurang DEX-nya dan kamu memiliki kesempatan untuk kabur. Leveling Wizard tergantung pada status elemen lawan, sehingga kamu mesti mempelajari informasi setiap monster.
>> PRIEST
Profesi 2 dari Acolyte. Priest adalah karakter yang berperan dalam grup karena tugas utamanya mensupport karakter lain. Pada umumnya priest ditujukan untuk support grup, tetapi ada juga priest yang dikembangkan untuk hunt solo (bertualang sendiri). Akan tetapi, tentu saja priest yang melakukan hunt solo hanya jago di tempat yang musuhnya undead.

HOW TO BECOME A PRIEST
Masih di tempat yang sama, Gereja kesayangan di kota Prontera (arah jam 1), kunjungi pendeta di ruang bagian kiri gereja ketika job kamu udah mencapai 40.

SKILL PRIEST
Untuk sementara ini Priest mempunyai paling banyak Skill yang rumit dibanding karakter lain dan kamu harus memutuskan yang terbaik dalam Skill Tree disesuaikan dengan kombinasi yang telah kamu pelajari dalam Skill Acolyte.

>> Increase SP Recovery
Yeee, akhirnya Priest bisa meregenerasi SP secepat Mage.

>> Mace Mastery
Meningkatkan serangan senjata Gada. Pada level 10, serangan menjadi +30

>> Impositio Manus
Artinya memberkati seseorang dengan mendoakannya dan menaruh tangan di atas kepala yang diberkati. Efeknya sih menambah serangan senjata untuk durasi tertentu. Tidak ada gunanya menggunakan Skill ini secara langsung 2 kali, karena hanya akan mereset durasinya ke waktu dasar, yaitu 40 detik, dan efeknya juga tidak melipatgandakan ATK.

>> Suffragium
Persyaratan: Impositio Manus Lv2
Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk suatu Skill dalam durasi tertentu. Pastikan Skill ini sudah aktif sebelum menggunakan Skill lain. Pada level 3, durasi efek selama 30 detik dan pengurangan waktu cast menjadi -45%. Membutuhkan SP 8

>> htmersio
Persyaratan: Aqua Benedicta (Acolyte) / Impositio Manus Lv3
Membaptis dengan menuangkan air suci di kepala kawan. Ini akan memberikan serangan ganda kepada monster berelemen Undead dan Ghost disesuaikan dengan tingkat damage yang dihasilkan oleh penyerang (kawanmu).

>> B.S Sacramenti
Persyaratan: htmersio Lv5 / Gloria Lv3
Singkatan dari Benedictio Sanctissimi Sacramenti (Sakramen suci yang membawa berkah ). Memberikan setiap Armor dari anggota grup dengan kekuatan suci (Holy). Minimal harus ada 3 kelas pendeta termasuk Acolyte untuk menggunakan skill ini dan mereka harus cast Skill ini secara bersamaan.

>> Sanctuary
Persyaratan: Heal Level 1
Biarkan sang pembawa cahaya suci menguasai bumi ini. Memberi kekuatan penyembuh pada area yang luas, jadi para pemain bisa beristirahat dan mengisi HPnya di zona ini. Monster seperti Undead atau Ghost pun kalo mendekati area tersebut bakal terkena serangan. Kenaikan level berpengaruh terhadap durasi efek, kapasitas karakter yang mampu disembuhkan dan jumlah HP per detiknya.

>> Status Recovery
Mengobati status abnormal pemain, seperti Undead, Frozen, Stunned. Untuk Undead, akan membuat mereka buta (blind). Skill ini biasanya memakan 5 SP.

>> Slow Poison
Waktu Priest keracunan, prosesnya akan diperlambat untuk sementara.

>> Resurrection
Persyaratan: Increase SP Recovery Lv4 /Status Recovery Lv1
Menghidupkan pemain yang mati, menggu-nakan 1 Blue Gemstone.

>> Safety Wall
Persyaratan: Sanctuary Lv3 / htmersio Lv4
Sama seperti salah satu Skill Mage (Safety Wall juga namanya). Lihat guide pertama untuk detailnya.

>> Kyrie Eleison
Persyaratan: Angelus Lv2
Menciptakan tameng sempurna yang akan melindungi pemakainya. Jika dipakai 2 kali maka waktunya akan terulang kembali (reset). Peningkatan level berarti peningkatan durasi efek, dan jumlah pukulan yang mampu diblok. Membutuhkan SP 25

>> Magnificat
Skill dasar Priest. Mempercepat regenerasi HP/SP semua anggota grup termasuk yang menggunakannya 2 kali lebih cepat. Membutuhkan SP 40

>> Gloria
Persyaratan: Kyrie Eleison Lv4 / Magnificat Lv3
Meningkatkan LUK seluruh anggota grup termasuk yang menggunakannya untuk durasi tertentu. Skill ini biasanya diperlukan Blacksmith untuk proses Forging. Membutuhkan SP 30

>> Lex Divina
Persyaratan: Ruwach Lv10(Acolyte)
Membuat musuh tidak bisa menggunakan skillnya untuk sementara waktu. Karena di Co-modo ini monster belum mengeluarkan skillnya, jadi skill ini belum banyak berguna, kecuali PvP. Peningkatan level mempengaruhi durasi efek dan memperkecil jumlah SP yang digunakan.

>> Turn Undead
Persyaratan: Resurrection Lv1 / Lex Divina Lv3
Membuat monster Undead terbunuh di tempat dengan berdasarkan kemungkinan. Faktor LUK dan INT sangat berpengaruh besar dalam menentukan keberhasilan dan tingkat damage. Tapi kalo nggak langsung mati, monster Undead pun masih bisa terkena serangan sebesar 700%. Membutuhkan SP 16.

>> Lex Aeterna
Persyaratan: Lex Divina Lv5
Meningkatkan jumlah serangan dua kali lipat dengan satu serangan. Memakan 10 SP.

>> Magnus Exorcismus
Persyaratan: Turn Undead Lv3 / Lex Aeterna Lv3 / Safety Wall Lv1
Mengeluarkan salib besar untuk menyerang Undead dan Ghost dalam skala besar. Menggunakan 1 Blue Gemstone setiap kalinya.

BUILD STATUS PRIEST (Oleh Peythos, Holliness)
Secara garis besar, priest terbagi atas 3 jenis, yaitu:
Support Priest
Adalah priest yang mengandalkan INT sebagai status utama karena berperan sebagai pendukung tim. Support Priest terdiri dari 3 jenis, yaitu:
a. Semi Support Magnus Exorcimus (ME)
Priest yang mempelajari Magnus Exorcimus sebagai skill utama. Selain membutuhkan INT (99), priest ini juga memerlukan DEX tinggi untuk mempersingkat cast time skill ME (min 75). Nah pengembangan status sisa bisa disebar ke status VIT atau AGI dengan pembagian yang sesuai kebutuhan. Skill yang disarankan:
SP Recovery 4
Magnificat 3
Status Recovery 1
Ressurect 1
Impositio Manus 3
htmersio 5
Sanctuary 3
Safety Wall 1
Kyrie Eleison 4
Gloria 5
Lex Divina 5
Lex Aeterna 1
Turn Undead 3
Magnus Exorcimus 10
b. Semi Support Turn Undead (TU)
Priest yang menggunakan seluruh keberuntungannya untuk menghabisi undead dalam 1 serangan. Menggunakan INT (99) dan LUK (min 70) sebagai status utama. Skill yang disarankan:
SP Recovery 6
Magnificat 3
Status Recovery 1
Ressurect 1
Lex Divina 5
Lex Aeterna 1
Turn Undead 10
Kyrie Eleison 4
Gloria 5
Impositio Manus 5
htmersio 5
Suffragium 3
c. Full Support
Support Priest yang hanya bertugas mendukung grup tanpa menyerang. Memerlukan INT tinggi (99) dan AGI atau VIT untuk bertahan (min 70 salah satu dari pilihan status itu). Skill yang disarankan:
SP Recovery 10
Magnificat 5
Status Recovery 1
Ressurect 1
Kyrie Eleison 8
Gloria 5
Impositio Manus 5
htmersio 5
Suffragium 3
Lex Divina 5
Lex Aeterna 1
Previous
Next Post »
close