Ragnarok Online : News part 3

>> Perbandingan ME, TU dan Full Support:
ME bisa mengalahkan lawan MVP Undead Boss sendirian, TU tidak bisa lawan MVP Undead Boss karena kemungkinan berhasilnya TU terhadap boss kecil, sedangkan Full Support bisa MVP Undead Boss dengan bantuan grup.

Dalam soal leveling, ME membutuhkan level 80++ agar efektif (cast time skill cukup singkat karena DEX sudah tinggi) dan bisa solo. TU hanya memerlukan level 65 untuk bisa hunt solo. Sedangkan Full Support tidak bisa solo dan sangat tergantung pada grup.

Battle Priest
Priest yang berorientasi pada status bertarung seperti STR, AGI, DEX, VIT, dan lain-lain. Battle Priest dibagi menjadi 3 tipe berdasarkan status bertahan yang dinaikkan, yaitu AGI Priest, VIT Priest, dan Hybrid AGI-VIT Priest.

AGI PRIEST
STR minimal 40
AGI minimal 70
INT maksimal 35
DEX minimal 30
VIT minimal 20
LUK terserah
VIT PRIEST
STR minimal 40
AGI minimal 20
INT maksimal 35
DEX minimal 30
VIT minimal 80
LUK terserah

HYBRID VIT-AGI PRIEST
STR minimal 40
AGI minimal 60
INT maksimal 35
DEX minimal 30
VIT minimal 50
LUK terserah

Skill yang harus diambil:
Mace Mastery 10
SP Recovery 10
Impositio Manus 3
htmersio 5
Status Recovery 1
Ressurect 1
Kyrie Eleison 5
Magnificat 3
Gloria 5
Lex Divina 5
Lex Aeterna 1

Hybrid Priest
Priest yang menyeimbangkan antara INT dan status bertarung. Pemain diharapkan memiliki rasa kreatif sendiri dalam menyusun priest tipe ini. Satu hal yang penting, dari awal kamu udah mesti menentukan bakal menjadi seperti apa jenis Priestnya. Apa lebih condong ke support atau battle karena hybrid pun pasti memiliki kecenderungan antara dua itu.

>> Perbandingan Battle Priest AGI, VIT, dan VIT-AGI:
AGI Priest tidak boros SP karena HP relatif kecil, VIT Priest boros SP, Hybrid VIT-AGI Priest tidak terlalu boros SP.

AGI Priest mampu melawan 3 monster sekaligus, VIT Priest kuat menghadapi keroyokan, Hybrid VIT-AGI Priest dapat menghadapi keroyokan yang tidak terlalu banyak.

AGI Priest kuat dalam pertarungan 1 lawan 1, VIT Priest kurang efektif bila 1 lawan 1, Hybrid VIT-AGI Priest efektif menghadapi keroyokan dan 1 lawan 1.

>> Perbandingan Support Priest dan Battle Priest:
Battle dapat naik level lebih cepat ketika menginjak level 80an, sedangkan Support susah naik level dengan cepat ketika level 80an karena selalu grup, kecuali tipe ME yang mampu MVP maupun menghabisi segudang monster dalam sekejap.

Battle pada masa profesi 1 lebih lambat dalam kenaikan level 40-50, sedangkan Support pada masa profesi 1 mudah menaikkan level karena rata-rata mengandalkan grup yang memiliki skill tarung lebih baik.
>> ASSASSIN
Profesi 2 dari Thief. Assasin mempunyai spesialisasi bergerak tanpa kelihatan dan sangat cepat dalam menghancurkan musuh. Mempunyai beragam kemampuan karena mampu memanfaatkan 2 jenis senjata di kedua tangannya, meracuni musuh atau menyelinap ke dalam pasukan musuh.

HOW TO BECOME AN ASSASSIN
Kamu mesti pergi ke Klan Assasin dan bertemu dengan NPC di padang pasir Morroc (moc_fild16).

SKILL ASSASIN
>> Righthand Mastery
Meningkatkan senjata tangan kanan (Increase Right-Handed Weapon) saat menggunakan dua senjata.

>> Lefthand Mastery
Meningkatkan senjata tangan kiri (Increase Left-Handed Weapon) saat menggunakan dua senjata.

>> Katar Mastery
Meningkatkan serangan senjata Katar. Pada level 10 seranganmu +30.

>> Cloacking
Persyaratan: Hiding Lv2 (Thief)
Menghilangkan diri dari penglihatan. Sama seperti Skill 'Hiding', tapi dengan skill ini kamu dapat berjalan sambil menyelinap. Bahkan karaktermu pun bisa melekat ke tembok atau berada 1 kotak dari tembok. Saat terpisah dari tembok, Cloaking akan segera batal. Kelemahannya, saat menggunakan skill ini kamu tidak bisa menggunakan skill lain ataupun menyerang lawan. Mengkonsumsi SP terus-terusan sama seperti Hiding. Jika SP habis, maka akan segera kembali normal.

>> Sonic Blow
Persyaratan: Katar Mastery Level 4
Menghujani 8 ledakan (Blow) ke musuh hanya dengan menggunakan Katar. Pada saat itu pula, musuh dapat terkena efek 'Stunned'.

>> Grimtooth
Persyaratan: Cloacking Lv2 / Sonic Blow Lv5
Menyerang musuh dari bawah tanah sembari Hiding.Tapi hanya bekerja dengan senjata Katar dan jumlah serangan fisiknya normal. Peningkatan level mempengaruhi jarak serang.

>> Enchant Poison
Persyaratan: Envenom Level 1
Membubuhkan senjata dengan elemen racun (Poison). Tetapi kemungkinan musuh terkena racun (poison) sebesar 1%. Skill ini membutuhkan 15 SP, dan peningkatan level mempengaruhi durasi efek racun.
>> Poison React
Persyaratan: Enchant Poison Lv3
Meng-counter dengan serangan beracun satu kali, dengan kemungkinan sebesar 50%. Peningkatan level mengurangi jumlah SP yang dibutuh-kan.

>> Venom Dust
Persyaratan: Enchant Poison Lv5
Mengkontaminasi suatu area dengan racun (Poison) menggunakan 1 Red Gemstone. Setiap monster di zona tersebut akan keracunan. Skill ini membutuhkan 20 SP dan peningkatan level mempengaruhi durasi efek.

>> Venom Splasher
Persyaratan: Poison React Lv5 / Venom Dust Lv5
Mengisi tubuh musuh dengan racun dan akan meledak, jadi racun tersebut akan tersebar di suatu tempat. Ada 2 kondisi untuk membuat hal ini terjadi: 1) Racuni monster yang dituju 2) HP monster tersebut harus kurang dari 1/3-nya. Dan akan muncul tanda 'Timer' di atas kepala musuh. Jika musuh terkena pukulan, maka Skill ini dibatalkan, sehingga kamu mesti membiarkan skill ini sampe meledak dan menyebarkan racun.

BUILD STATUS ASSASSIN (Oleh ..Y..)
Pengembangan status Assassin memang berpusat di AGI (90>>), walaupun begitu Assassin juga mesti memperhatikan 3 status lain, yaitu DEX, LUK, dan STR. Pembedaan pengelom-pokan Assassin di RO terjadi karena senjata yang digunakan Assassin pada kedua tangan-nya dapat dikombinasikan dengan berbagai senjata yang ada di RO. Kombinasi ini kemudian menciptakan berbagai variasi status yang mesti dikembangkan. Namun karena Asinan eh Assassin adalah karakter yang mengutamakan ke-cepatan dan kelincahan, maka kombinasi senjata tersebut nantinya bakal jauh lebih sederhana. Akhirnya yang muncul sekarang adalah 2 Assassin yang memiliki 2 istilah yang berbeda, pertama DD-sin, dan kedua Crit-sin.

DD artinya Dual Dagger, Assassin jenis ini menggunakan senjata utama Thief, yaitu pisau, kedua senjata ini digunakan untuk membantai semua monster di Rune Midgard. Kelebihan Assassin jenis ini, dia jauh lebih kuat hunt monster yang umum berkeliaran, dan mereka sangat mengandalkan skill Double Attack-nya Thief. Itu juga dikarenakan pengembangan status DD-sin berpusat pada AGI (90), DEX (50), dan STR (70>>). Berbeda dengan Crit-sin yang berarti Critical Assassin. Kalo Crit-sin, dia berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan status critical di setiap pukulannya. Status critical ini dipengaruhi oleh status LUK pada pengembangannya, sehingga Crit-sin biasanya memilih status AGI (90), LUK (70>>), dan DEX (30-an). Selain karena LUK, Assassin jenis ini menggunakan senjata khusus jenis Katar, yang mampu meningkatkan efek Critical. Tapi biasanya mereka sangat memerlukan satu item yang sangat mahal harganya, yaitu Soldier Skeleton Card (@4juta, tul gak?)

Kenapa efek critical sangat penting? Karena efek ini mampu menembus defense lawan yang paling kuat, jauh lebih kuat dibanding damage yang dihasilkan dua pisau ber-STR tinggi. Kalo disimpulkan, Crit-sin jauh lebih kuat bila berada di dungeon yang berat seperti Glast Heim dan Clock Tower. Berarti DD-sin jauh lebih susah, dong? Nggak juga, walaupun mereka nggak bisa menggunakan skill Crit-sin seperti Sonic Blow atau Grimtooth, beberapa DD-sin biasanya melengkapi mereka dengan pisau berelemen untuk hunt di tempat-tempat tersebut. Walaupun membutuhkan waktu dan biaya untuk memfasilitasi perlengkapan itu, tapi baik DD-sin maupun Crit-sin pada dasarnya sama kuat dan yang paling penting, sama cepat

>> HUNTER
Profesi 2 dari Archer. Hunter mempunyai spesialisasi dalam perangkap (Trapping), menggunakan 10 jenis perangkap yang unik yang berbeda-beda. Sama dengan Knight, dia pun memiliki sub-character, yaitu Falcon. Bedanya, sub-character ini memiliki kegunaan berlebih seperti membantu penyerangan, melumpuhkan perangkap lawan, dan mendeteksi musuh. Dan nggak usah dipungkiri kalo Hunter adalah karakter yang paling mandiri, dan paling kuat di RO.
Previous
Next Post »
close