Ragnarok Online : News part 1

>> KNIGHT 
Profesi 2 dari Swordman. Begitu kamu menjadi Knight, kemampuan karakter bertambah dengan spesialisasi senjata tombak (Spear) dan dua pedang (Two-Handed Sword). Kelebihan Knight dibanding karakter lain, mereka adalah karakter terkuat soal bertarung jarak dekat dan bisa menunggang Peco-Peco. 

HOW TO BECOME A KNIGHT 
Untuk menjadi Knight, Kamu harus mengunjungi 'Kavaleri Prontera' di Barat Laut Prontera (Arah jam 11 kota). Bangunan ini adalah tempat dimana kamu menjadi sukarelawan dalam Sewer Dungeon. Selain 2 orang yang ada di samping pintu masuk, kamu bakal nemuin penjinak Peco-Peco yang berdiri di sebelah kanan. Kamu bisa menyewa seekor Peco, tapi kamu mesti punya Skill Peco-Peco Ride. Enaknya punya Peco-Peco, kecepatan gerak meningkat, tapi sebaliknya kecepatan menyerang berkurang. Kalo memang kecepatan serang berkurang, atasi aja dengan skill Cavalier Mastery bukan, jadi efeknya nggak gitu pengaruh. Di dalam Kavaleri Prontera, kamu bakal melihat laki-laki berewokan, sewaktu berbicara dengannya, dia akan mengubahmu menjadi Knight. Syarat utama perubahan Job Knight adalah Job Level Swordman minimal 40. Jika belum, kamu nggak bisa berubah. 

SKILL KNIGHT 
>> Spear Mastery 
Skill dasar dari knight, akan meningkatkan serangan tombaknya. Peningkatan ATK antara Knight dengan Peco-Peco (+4) dan tanpa Peco-Peco (+5) jauh lebih besar tanpa Peco-Peco, dan kenaikan level berarti kenaikan ATK sebanyak brp kali lipat dari ATK dasar. 

>> Pierce 
Persyaratan: Spear Mastery Lv1 
Menghujani serangan pada musuh menggunakan tombak (Spear). Frekuensi serangan tergantung pada ukuran Monster. Membutuhkan 7 SP untuk skillnya
 Kecil (Small): 1 (Maximum Serangan 200%) 
 Sedang (Medium): 2 (Maximum Serangan 200-400%) 
 Besar (Great): 3 (Maximum Serangan 200-600%)
>> Spear Stab 
Persyaratan: Pierce Lv5 
Menikam musuh dan mendorongnya dengan Spear pada jarak 6 kotak. Membutuhkan 9 SP untuk menghasilkan serangan 250% pada level 10 

>> Spear Boomerang 
Persyaratan: Pierce Lv8 
Melempar tombak (Spear) dengan jarak hingga 11 kotak (level 5), membutuhkan 8 SP.
>> Brandish Spear 
Persyaratan: Peco-Peco Ride/Spear Stab Lv3 
Bisa digunakan hanya jika menunggang Peco. Skill ini mengibaskan tombak (spear) untuk menyapu musuh yang berada di depan pemain. Besarnya damage meningkat hingga 300% pada level.10 dan jaraknya pun cukup jauh, membutuhkan SP-12 

>> Two-Hand Quicken 
Persyaratan: Two-Handed Sword Mastery Lv1 (Skill Swordman) 
Peningkatan level meningkatkan kecepatan serangan dari Two-Handed Sword, dan juga untuk durasi skillnya. Tapi tidak berfungsi pada senjata selain Two-Handed Sword. 

>> Counter Attack 
Persyaratan: Two-Handed Sword Mastery Lv1 
Selagi berdiri, skill ini akan memblok semua serangan dan secara otomatis akan melakukan serang balik dan kadang-kadang bisa mengeluarkan serangan kritikal, tanpa memperhatikan LUK. 

>> Bowling Bash 
Persyaratan: Bash Lv10/Magnum Break Lv3/Two-Handed Sword Mastery Lv5 (Swordman) Two-Hand Quicken Lv10/Counter Attack Lv5 (Knight) 
Serangan ke satu musuh yang bisa menyebabkan serangan beran-tai ke musuh lain disekitarnya. Mirip Magnum Break. 

>> Peco-Peco Ride 
Persyaratan: Endure Lv1 (Skill Swordman) 
Bisa menunggang Peco yang sudah dijinakkan. Bisa dikuasai dengan 1 level. 

>> Cavalier Mastery 
Persyaratan: Peco-Peco Ride 
Meningkatkan kecepatan serang sewaktu menunggang. Setelah skill dikuasai, kecepatan serang dengan Peco sama dengan kecepatan serang tanpa Peco. 

BUILD STATUS KNIGHT (Oleh Bernadeth, Missouri) 
Knight di idRO dapat dikembangkan menjadi beberapa jenis menurut pengembangan statusnya. Status yang paling penting untuk dikembangkan Knight ada 4 macam, yaitu STR, DEX, AGI atau VIT. Seperti yang disebut pada guide awal, STR bagi JOB Swordman dan Knight tidak terlalu perlu difokuskan, itu karena STR yang dimiliki JOB ini berbeda perbandingannya dengan STR JOB lain. Kebanyakan Knight cukup meningkatkan STR hingga 40-50 (walaupun masih bisa ditingkatkan hingga 80 pada level 99 bila kamu hanya menaikan STR, DEX, dan full AGI/VIT), tapi status ini wajib kamu tingkatkan terlebih dahulu daripada status lain. DEX, menurut kebanyakan karakter Knight hanya membutuhkan peningkatan dari 35-45 agar pukulan mengenai lawan. Nah, sisanya kamu bisa fokus pada AGI atau VIT. Dengan pengelompokan ini, dan tidak mengurangi faktor hybrid yang kebanyakan dikembangkan oleh karakter di idRO. Maka Knight dapat dikelompokan menjadi:
Knight 1: Full AGI 
Knight 2: Full VIT 
Knight 3: Hybrid AGI VIT atau VIT AGI
Untuk Knight tipe 1&2, kamu bakal memfokuskan peningkatan status pada AGI aja (90>>) atau VIT aja (90>>). Kelebihan AGI Knight, tentu saja pada kecepatan, tapi kecepatan ini jangan kamu harapkan bakal selincah Assassin ya? Kamu boleh deh berharap pada kecepatan serang (HTMD), apalagi bagi mereka yang memilih Knight dengan spesialisasi Two-Handed Sword, kamu pun dapat memanfaatkan skill Two-Handed Quicken untuk menggandakan HTMD-mu, edan kan? Jangan bangga dulu, AGI Knight jelas memiliki kekurangan, dan kekurangan itu adalah kelebihan dari yang dimiliki VIT Knight. 

Yap, AGI Knight sangat rendah dalam soal Defense, selincah apa pun kamu mengelak, musuh pun kadang mampu membalas, dan untuk urusan ini VIT Knight jagonya. Kelebihan VIT adalah defensenya yang sangat kuat, lawan memang bisa memukul kita terus-terusan, tapi kamu pun juga punya senjata untuk membalas mereka bukan? Sementara mereka nggak mampu untuk recovery HP, sedangkan kamu punya dan jumlah HP mu otomatis meningkat dengan besarnya VIT. Nah itu asiknya VIT Knight. 

Tapi nggak ada salahnya memilih Knight 3, karena jenis Knight ini lebih menyeimbangkan soal status. Kalo Hybrid AGI VIT, kamu bisa setel stat AGI lebih besar proporsinya dari VIT (80 AGI-30 VIT). Kalo Hybrid VIT AGI ya tinggal kebalikannya aja. Intinya, sih, pengembangan status ini semuanya berdasarkan keputusanmu, nggak ada yang salah dalam pengembangan status karakter, dan nggak ada yang telat untuk mengubahnya. 

Spesialisasi senjata, setidaknya juga mempengaruhi pada jenis Knight yang akan kamu ambil. Kamu pasti tau kalo serangan dengan spear jauh lebih lambat daripada serangan dengan Two-Handed Sword secara keseluruhan? Nah, kecenderungan yang seperti ini membuat spesialisasi mempengaruhi pemilihan jenis Knight. Jadi kelambatan gerak spear diimbangi dengan defense yang kuat, sehingga biasanya Spear Knight adalah VIT Knight. Sedangkan Knight yang mahir Two-Handed Sword dengan skill Two-Handed Quicken-nya menciptakan HTMD yang kencang sehingga keunggulan ini bisa ditambah dengan status AGI yang lebih besar lagi. 

Selain mempengaruhi pengembangan status, pemilihan senjata sedikitnya juga berpengaruh pada skill yang akan dikembangkan pada profesi Knight. Kalo kamu melihat pohon skill pada guide HG pertama, kamu bakal melihat kecenderungan skill Knight mengelompok pada dua jenis senjata itu. Jadi, kalo kamu adalah Spear Knight ya kamu tinggal pilih skill Spear Mastery, Pierce, Spear Stab, Spear Boomerang, dan lain lain. Sedangkan kalo kamu Two Handed Knight, kamu tinggal pilih skill Two Handed Quicken, Bowling Bash, dan lain lain. Gampang toh?
Previous
Next Post »
close