7 Gitar Termahal Di Dunia

7. “Lenny” – 1965 Fender Stevie Ray Vaughan Stratocaster Komposit: $ 623.500

Ini adalah gitar milik seorang gitaris beraliran Blues bernama Stevie Ray Vaughan, yang sering disingkat dengan SRV. Gitar ini ia terima dari istrinya, Lenny, pada tahun 1980 sebagai hadiah ulang tahunnya ke 26, dan gitar ini dinamainya LENNY. Gitar ini adalah salah satu gitar favoritnya SRV, dan dia menggunakannya secara ekstensif sampai kematiannya pada tahun 1990. Stiker SRV pada tubuh gitar ini adalah merek dagang dari mayoritas gitar Stevie Ray Vaughan. Hal tersebut menjadi kebiasaan SRV dengan selalu menempelkan stiker inisial namanya setelah ia melihat kebiasaan yang dilakukan saudaranya, Jimmie yang memulai tren ini di hadapannya. Pada tahun 2004 itu menjadi yang pertama dan hanya satu gitar SRV yang pernah dirilis untuk dijual, dalam rangka untuk mengumpulkan uang sebagai amal. Ia melelang gitar tersebut senilai $ 623.500 untuk disumbangkan kepada Crossroads Centre di Antigua.



6. Eric Clapton C.F. Martin & Co, buatan sekitar tahun 1939: $ 791.500

Salah satu gitar Eric Clapton tetrsebut ditambahkan ke daftar ini. Alasannya karena ia adalah salah satu dari sedikit gitaris terkenal yang tidak benar-benar menjual gitarnya – guna mengumpulkan dana untuk Crossroads Pusat Rehabilitasi. Pastinya ada gitar lain di luar sana (seperti yang dimiliki oleh Jimmy Page, Van Halen, dll) yang dapat mengumpulkan uang jauh lebih banyak jika mereka mau menjualnya, tetapi gitar mereka belum disiapkan untuk dijual.



5. Eric Clapton 1964 Gibson ES0335 TMA: $ 847.500

Gitar ini adalah gitar yang sering digunakan Eric Clapton terutama selama tahun 1964, tetapi jarang digunakan setelah itu. Butuh harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk Gibson ketika gitar tersebut dilelang.



4. Blackie – Stratocaster hibrida: $ 959.500

Pada tahun 1970, karena pengaruh dari gitaris lain, yaitu Jimi Hendrix, Eric Clapton memutuskan untuk beralih dari Gibson ke gitar Fender Stratocaster (atau biasa disebut Strats). Clapton membeli enam Strats vintage dari toko gitar di Texas seharga seratus dolar untuk masing-masing gitar tersebut. Dia memberikan tiga gitar tersebut kepada George Harrison, Pete Townshend dan Steve Winwood. Kemudian mengumpulkan bagian-bagian yang terbaik dari tiga gitar yang tersisa menjadi satu gitar yang diberi nama ‘Blackie’. Blackie dimainkan untuk pertama kalinya oleh Clapton pada bulan Januari 1973, dan terus dimainkan sampai pensiun pada tahun 1985 karena masalah pada leher gitar tersebut. Lalu Blackie dijual di lelang tahun 2004, dan menjadi salah satu gitar dunia yang paling mahal seharga $ 959.000.



3. Bob Marley Custom dibuat Washburn 22 seri Hawk: Harga perkiraan $ 1,2-2000000

Gitar ini diklasifikasikan sebagai aset nasional oleh Pemerintah Jamaika, gitar ini adalah salah satu dari hanya tujuh gitar sebagai ikon reggae. Pada tanggal 21 November 1971, setelah pertunjukan di Vancouver, Marley memberikan gitar ini kepada teknisi gitar Gary Carlsen dengan kata-kata, “Ambil saja karena Anda akan mengerti nanti”. Amazing, Carlsen mengambil ini sebagai tanda bahwa ia harus menggunakan karunia-karunia ia telah diberikan kepada dunia yang lebih baik dalam beberapa cara, dan ia mendirikan amal “Perjalanan yang berbeda-beda, Satu Tujuan”, menawarkan gitar sebagai hadiah dalam undian.



2. Jimi Hendrix 1968 Stratocaster: Perkiraan Harga $ 2.000.000

Gitar ini dimainkan Jimi Hendrix saat tampil di Woodstock pada tahun 1969. Sejak tahun 1970 hingga 1990 gitar ini berada di tangan drummer Mitch Mitchell, sebelum muncul ke permukaan pada tahun 1990 di pembukaan Artis Pusat Fender baru lengkap dengan luka bakar rokok di headstock, dan Merek Jimi reverse merangkai. Gitar ini dijual di Sotheby’s di tahun yang sama sebesar $ 198.000. Desas-desus mengatakan bahwa Paul Allen (tangan kanan Bill Gates ‘di Microsoft) membayar dua juta dolar untuk gitar ini pada tahun 1998.



1. Menjangkau Asia Fender Stratocaster: $ 2.700.000

Gitar ini dijual saat lelang di Qatar tahun 2005, untuk mengumpulkan dana pada acara Reach out to Asia, sebuah badan amal yang dibentuk untuk membantu para korban tsunami. Dikoordinasikan oleh Bryan Adams, dan ditandatangani oleh Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townsend, Mark Knopfler, Ray Davis, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus & Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore, Def Leppard dan Bryan Adams sendiri. Awalnya yang membeli adalah keluarga Kerajaan Qatar seharga $ 1 juta dan kemudian disumbangkan untuk amal tersebut, setelah itu gitar tersebut dijual lagi seharga $ 2.7 juta, yang berarti bahwa gitar ini telah menghasilkan total $ 3.700.000 dolar untuk amal.

Previous
Next Post »
close