10 Ciri Power Bank Yang Bagus Dan Aman Untuk Gadget Kamu

Power bank memang pahlawan bagi para pengguna smartphone. Apalagi kalau lagi pulang kampung alias mudik atau traveling, super butuh banget deh yang namanya power bank. Jadi begitu smartphone kehabisan baterai, kamu bisa ngecas kapan pun dan di mana pun.

Namun, jangan sembarangan dalam memilih power bank. Kalau belinya yang abal-abal, baterai bisa bocor hingga membuat smartphone kamu rusak. Selain kapasitas yang besar, ciri-ciri power bank yang bagus harus dilengkapi dengan fitur-fitur berikut.

Ciri Power Bank yang Berkualitas dan Aman Untuk Gadget Kamu

1. Temperature protection

Temperature Protection memberi proteksi pada pengguna smartphone, agar efek panas saat ngecas tidak merusak baterai itu sendiri. Yakni dengan kemampuan menjaga dan memonitor suhu baterai lithium tetap aman pada suhu yang ditentukan.

2. Short Circuit Protection

Short Circuit Protection memberi proteksi pada pengguna smartphone dengan kemampuan power bank mendeteksi korslet yang otomatis memutuskan dayanya. Jadi, terhindar dari potensi smartphone meledak atau terbakar.

3. Reset Protection

Reset Protection memberi proteksi pada pengguna smartphone saat power bank bermasalah dengan menekan tombol power untuk meresetnya agar bisa digunakan kembali. Maklum deh, namanya juga perangkat elektronik. Secanggih apa pun masih bisa error.

4. Input Over Voltage Protection

Sementara Input Over Voltage Protection ini memberi proteksi pada penguna smartphone dengan kemampuan power bank mendeteksi tegangan input yang melebihi batas atas daya output dengan memutus dayanya secara otomatis.

5. Output Over Voltage Protection

Kalau Output Over Voltage Protection ini memberi proteksi pada penguna smartphone dengan kemampuan power bank mendeteksi tegangan output yang tidak normal.

6. Over Charge / Over Discharge Protection

Fitur Over Charge / Over Discharge Protectionmemberi proteksi / daya tahan yang lama, dengan kemampuan power bank menyesuaikan pemakaian dayanya sesuai kebutuhan perangkat yang dicharge. Terkadang atau bahkan sering kita tidak memperhatikan saat gadget sedang dicas dengan power bank. Ketika baterai sudah penuh, namun masih saja terhubung ke power bank. Nah, power bank yang bagus, seharusnya memiliki kemampuan untuk menghentikan proses charging ketika baterai gadget sudah terisi penuh.

7. Output Over Current Protection

Output Over Current Protection memberi proteksi pada pengguna smartphone dengan kemampuan power bank mendeteksi arus daya output yang tidak normal dengan memutusnya secara langsung. Jadi bisa menjaga terjadi aliran arus listrik yang berlebih ke gadget saat proses charging. Dengan kata lain besarnya aliran arus bisa terjaga sesuai dengan kapasitas input gadget tersebut.

8. Input Reserve Direction Protection

Input Reserve Direction Protection memberi proteksi pada pengguna smartphone dengan kemampuan power bank saat kabel charge dimasukan bersamaan pada input dan output, dengan memutus daya dan keluar peringatan pada lampu indikator

9. Cell PTC Protection

Cell PTC Protection ini memberi proteksi pada pengguna smartphone dengan kemampuan power bank mendeteksi suhu pada baterai, bila suhu baterai berlebih akan memutus dayanya secara langsung.

10. Adapter Protection

Adapter Protection memberi proteksi pada pengguna smartphone dengan kemampuan power bank untuk mendeteksi suhu pada kabel charge berada pada suhu aman dan tidak terlalu panas.

Itulah 10 ciri-ciri power bank yang bagus, setidaknya power bank yang nanti kamu beli memiliki beberapa proteksi seperti di atas.

Previous
Next Post »
close