4 UANG KERTAS PALING UNIK DI DUNIA

Belakangan ini kita sering dijejali dengan berbagai anggapan miring tentang uang baru yang beredar di tanah air. Mulai dari tokoh pahlawan yang dimasukkan sampai logo bank Indonesia yang dianggap lambang gerakan tertentu.
Hal ini pastinya sangat disayangkan, apalagi nyatanya uang baru tersebut didesain dengan tampilan yang menawan dan berteknologi tinggi yang diperuntukkan sebagai alat jual beli untuk semua orang bukan didesain untuk kelompok atau golongan tertentu.
Terlepas dari kontroversinya, di berbagai Negara sebenarnya ada beberapa uang kertas yang beredar dengan desain yang sangat tidak biasa. Bahkan kalau dilihat uang tersebut seperti “tidak normal” untuk dijadikan alat jual beli. Penasaran seperti apa keunikannya? Berikut 4 uang kertas paling unik di dunia.

Uang 10 Dollar di Kepulauan Cook

Uang Kertas: 10 Dollars (Kepulauan Cook) (1992 ND "Church ...

Dilihat dari bentuknya uang kertas ini mungkin akan mirip dengan uang mainan yang sering dimainkan pada era 90-an lalu. Tapi jangan salah uang dengan bentuk unik ini dipakai sebagai alat transaksi di Kepulauan Cook di Pasifik Selatan.
Kepulauan cook merupakan gugusan 15 pulau kecil di bagian selatan Pasifik yang berserikat dengan Selandia Baru. Umumnya di Kepulauan Cook mata uang yang digunakan adalah dollar Selandia Baru, tapi bukan berarti mereka tidak punya mata uang sendiri. Tapi karena keunikannya tersebut uang pecahan 10 dollar dengan gambar yang mungkin bisa membuat kami mendapat teguran, hanya berlaku di Kepulauan Cook karena tidak ada satu pun bank dunia yang bisa menerimanya.

Uang 5 Pound di Irlandia Utara

Uang Kertas: 5 Pounds (Irlandia Utara) (1967-1968 ND Issue Bank of ...

George Best semua orang pastinya tahu, ya dia adalah salah satu pesepakbola legendaris asal Irlandia Utara sekaligus merupakan bintang Manchester United di masanya.
Karena kehebatannya sosok George Best ternyata dijadikan sebagai tokoh pada pecahan uang kertas 5 pound. Pastinya unik, apalagi ada tampilan Manchester United di dalamnya dan ternyata uang kertas pecahan 5 pound ini tidak dicetak dalam jumlah banyak. Unik dan langka tentunya.

Uang 100 Triliun Dollar di Zimbabwe

Di Zimbabwe, 100 Triliun Dolar Hanya Dihargai Rp5.000

Pernah terbanyang berapa seberapa banyak uang 100 triliun? Mungkin satu lemari saja tidak cukup. Tapi di Zimbabwe uang dengan nominal fantastis tersebut justru dicetak dalam satu lembar.
Uang 100 triliun dollar pertama kali beredar pada tahun 2009, dimana saat itu bank sentral Zimbabwe mengeluarkan uang 100 triliun dollar karena mengalami inflasi. Bahkan di masa itu satu buah roti bisa berharga 300 miliar dollar Zimbabwe.

Uang Pecahan 100 di Jerman pada Masa Perang Dunia I

Negara Ini Pernah Punya Pecahan Uang Kertas 100 Triliun - Bisnis ...

Semasa perang dunia I setiap Negara mengalami begitu banyak kejadian, bukan hanya bangunan-bangunan yang runtuh dan aksi-aksi pembantaian selama perang tapi inflasi pun terjadi secara besar-besaran.
Sebelum 1923 Jerman mengalami inflasi besar yang membuat mata uangnya jadi nyaris tidak berharga. Sebagai cara untuk menjembatani perekonomian pemerintah Jerman bersama sejumlah perusahaan lokal sepakat untuk mengeluarkan mata uang darurat bernama alias notgeld. Mata uang tersebut bisa dicetak dengan berbagai bahan, tidak harus kertas tapi bisa juga dari kulit hewan, kayu atau bahkan keramik. Bahkan saat itu pemerintah membebaskan bentuk uangnya seperti apa, dan pecahan 100 tersebut adalah salah satu uang paling unik di masa perang dunia I.
Previous
Next Post »
close