Kalender Maret 2024: Awal Ramadan, Tanda Merah, dan Libur Nasional yang Penuh Makna

Bulan Maret, yang merupakan bulan ketiga dalam kalender Masehi, terdiri dari 31 hari, dan Maret 2024 tidak kalah pentingnya dengan bulan-bulan sebelumnya. Satu momen yang sangat dinanti adalah awal Ramadan, bulan suci bagi umat Islam. Pada tahun ini, awal Ramadan diprediksi jatuh pada tanggal 12 Maret 2024, mengikuti penanggalan Hijriah yang disahkan oleh Simbi Kementerian Agama RI. Meskipun begitu, penanggalan ini dapat berubah mengikuti keputusan Sidang Isbat atau gerakan hilal yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI.


Tidak hanya itu, Maret 2024 juga dimeriahkan dengan sejumlah tanggal merah dan libur nasional yang diatur oleh pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri. Beberapa di antaranya adalah Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 pada tanggal 11 Maret 2024, Wafat Isa Al Masih pada tanggal 29 Maret 2024, dan Hari Paskah pada tanggal 31 Maret 2024. Juga terdapat beberapa hari Minggu yang menjadi momen istimewa.

Cuti bersama di bulan Maret hanya terjadi satu kali, yaitu pada tanggal 12 Maret 2024, yang diselaraskan dengan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Tak lupa, pemerintah telah menetapkan 16 hari libur nasional selama tahun 2024, yang termasuk di dalamnya adalah Hari Buruh Internasional, Kenaikan Isa Almasih, Hari Raya Waisak, dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain libur nasional, pemerintah juga menetapkan sejumlah cuti bersama yang mengiringi hari-hari libur nasional. Di antaranya adalah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 H, cuti bersama Kenaikan Isa Almasih, dan cuti bersama Hari Raya Natal.

Dengan begitu, Kalender Maret 2024 tidak hanya sekadar daftar tanggal, tapi juga menggambarkan momen-momen berharga yang patut dinantikan dan disyukuri oleh masyarakat Indonesia.

Tag: #KalenderMaret2024 #AwalRamadan #TandaMerah #LiburNasional #CutiBersama #MomenBerharga #HariSuciNyepi #WafatIsaAlMasih #HariPaskah

Related Posts

Previous
Next Post »
close