Hal yang berbeda saat bulan puasa dari sudut pandang Mahasiswa

Dalam satu tahun ada satu bulan yang sangat special dan istimewa bagi umat islam,yaitu  bulan ramadhan, bulan yang memiliki aura tersendiri dalam berbagai  sudut pandang. bagi kalangan mahasiswa (orang awam)  seperti saya :) , spesialnya ramadhan ternyata dapat ditinjau dari sudut pandang yang sangat luas, berikut beberapa hal spesial yang ada dibulan ramadhan versi "Rekoddo no yoru" dari hal yang paling umum sampai hal-hal konyol yang mungkin tidak pernah terfikirkan oleh para pembaca sekalian:
1. Sarapan dan makan malam jadi lebih awal dari jadwal biasanya
Disadari atau tidak, sebenarnya rutinitas sarapan dan makan malam tetap kita lakukan meskipun dibulan puasa. bedanya jadwal keduanya menjadi lebih awal dari biasanya. yang biasanya kita-kita anak kost kalau sarapan tuh jam 10 siang (sarapan apa sholat dhuha ya =D), eh pas bulan puasa harus dipaksa-paksain sarapan jam 3 atau jam 4 pagi (bahasa gaulnya sih sahur :D.
2. Makanan terlihat lebih menggoda dari biasanya
Pernah gak temen-temen pas dibulan biasa (hari - hari biasa gitu) gak terlalu suka dengan suatu makanan, misal nih temen-temen gak suka makan onde-onde / bakwan gitu. eh pas bulan ramadhan liat bakwan siang-siang bawaannya pengen gitu. kerasa bakwan itu kok enak banget =D . sambil pasang ekspresi Mupeng (muka pengen:D) gitu. padahal sebelumnya makanan tersebut biasanya ogah tuh nyentuhnya kalau gak kepaksa-paksa banget.
3. Pengeluaran Buat beli Makan lebih besar dari biasanya
Gak tau nih kalau temen-temen yang lagi baca, tapi kalau yang saya amati,temen -temen saya diindralaya nih pada gitu. hari hari biasa tahan tuh pagi gak sarapan, siang cuman makan gorengan dan malamnya makan mie aja ,kasian banget kan (gue ngetik ini sambil makan mie juga =D) eh.. pas bulan puasa, dibela-belain sahur minum susu buka harus beli ta'jil dan menu makan sempurna. wah wah.. bisa dua kali lipat pengeluaran makan pas bulan puasa ini, kecuali bagi para PPT (para pencari ta'jil =D).

4. Tidur siang adalah Hoby baru ;)
    Meskipun jadwal kuliah tuh padet, and biasanya gak hobi tidur siang, dibulan puasa bawaanya pengen balik ke kost-an terus, lepas sepatu, banting tas, banting badan kekasur. terus kena angin sepoi-sepoi gitu, sambil korden kamar melambai-lambai, eh ditambahin mimpi indah ketemu artis favorit dari holywood (hahah besar banget ekspektasinya:D) bangun-bangun udah magrib tuh :D naudzubillah.temen-temen jangan beranggapan yang salah ya mengenai hadist tidur dibulan puasa, Hadis tentang “tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah” merupakan hadis yang tidak benar. Hadis ini diriwayatkan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dari Abdullah bin Abi Aufa radhiallahu ‘anhu :
نوم الصائم عبادة ، وصمته تسبيح ، ودعاؤه مستجاب ، وعمله مضاعف
“Tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya dikabulkan, dan amalnya dilipatgandakan.” Dalam sanad hadis ini terdapat perawi yang bernama Ma’ruf bin Hassan dan Sulaiman bin Amr An-Nakha’i. Setelah membawakan hadis di atas, Al-Baihaqi memberikan komentar, “Ma’ruf bin Hassan itu dhaif, sementara Sulaiman bin Amr lebih dhaif dari dia.” Dalam Takhrij Ihya’ Ulumuddin, 1:310, Imam Al-Iraqi mengatakan, “Sulaiman An-Nakha’i termasuk salah satu pendusta.” Hadis ini juga dinilai dhaif oleh Imam Al-Munawi dalam kitabnya, Faidhul Qadir Syarh Jami’us Shaghir. Sementara, Al-Albani mengelompokkannya dalam kumpulan hadis dhaif (Silsilah Adh-Dhaifah), no. 4696.
5. Artis Favorit dan lagu favorit

Yang biasanya mp3 yang didengerin tuh lagu-lagu band barat, K-pop dan lagu lagu genre generasi alay-alay gitu :D , eh pas bulan puasa mendadak berubah tuh seleranya. jadi hoby dengerin adzan magrib. artis favoritnya pun berubah, dari yang tadinya ngefans sama Peterpan gitu, sekarang jadi Afgan artis favoritnya,, Afgan Magrib maksudnya =D.

6. Halusinasi berlebihan tentang makanan
Halusinasi adalah merupakan gangguan persepsi penerimaan oleh pancaindra,kendati tidak ada rangsangan apapun dari luar. Halusinasi bukan mimpi, tapi orang dalam kesadaran penuh, dapat bertingkah laku seperti orang dalam keadaan bermimpi.Banyak hal-hal konyol yang terkadang bener-bener terjadi dilingkungan kita tanpa disadari, seperti membayangkan minuman melon padahal itu sunlight atau bahkan berfikir kalau bola pimpong itu onde-onde :D.
Previous
Next Post »
close