Menjajal nonton video lewat google play

Jujur tadinya gua berniat membandingkan fitur Google Play Music dengan Apple Music yang ada di perangkat iOS. Tapi ternyata, sungguh mengecewakan, layanan tersebut belum dapat dinikmati oleh pengguna Android di Indonesia. Setidaknya untuk gua yang menggunakan akun Google Indonesia.

Lalu tak patah arang, fitur lain yang masih ada hubungannya dengan layanan baru Google pun kita utak atik. Yakni Google Play Movie. Bagi pengguna iOS sebelah, fitur ini sudah bisa dinikmati dari beberapa tahun yang lalu, dimana kita bisa menonton film original, dengan kualitas sesuai dengan keinginan, tanpa rasa bersalah dan bisa disesuaikan dnegan budget, apakah kita ingin membelinya, atau hanya menyewa film tersebut.

Hmmm, nampaknya bagi sebagian besar pengguna Android hal ini bukanlah sesuatu yang ‘wah’. Karena bagaimanapun di luar sana, dengan menggunakan browser bawaan ponsel kita sudah dapat menikmati film yang sama, dengan kualitas yang mungkin sama, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, kecuali untuk koneksi data.

Baiklah, anggap tips ini sebagai sebuah alternatif hiburan yang bersifat legal dan bisa dipertanggungjawabkan, meskipun kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan film-film yang kita ingin tonton.

Mencari Film yang kita Inginkan

Cukup dengan mengakses Google Play, dengan akun Google yang memiliki kredit di dalam wallet, kita bisa mencari Movie  yang diinginkan. Kita bisa mencarinya melalui sorting berdasarkaan kategori.

Dari kategori, kita bisa memilih salah satu film yang diinginkan. Membaca sinopsisnya, lihat reviewnya, awas hati-hati dengan spoiler, atau mainkan trailernya.

Sewa (rent) atau Beli (Buy)?

Jika Anda sudah yakin ingin menontonnya. Dan sudah yakin Anda akan menonton file yang legal, akan ada dua pilihan yang bisa digunakan. Menyewanya (rent) dengan harga dimulai dari Rp 19.000,- atau membelinya (Buy) dengan harga mulai dari Rp 120.000,-.

Oke, langsung saja kita aplikasikan untuk menyewa atau membeli salah satu film yang ditawarkan oleh Google Play. Pilihannya jatuh pada A Thousand Words yang dibintangi oleh Eddy Murphy, sebuah film bergenre komedi.

Kali ini kita coba melakukan transaksi Rent (sewa), untuk mengetahui masa rentalnya selama apa.

Sentuh pilihan rent- untuk film ini, file berukuran SD disewakan dengan harga Rp 19.000,- sementara file HD (720p) disewakan dengan harga Rp 25.000,-. Jika Anda berniat membelinya, file SD dihargai Rp 120.000,- sementara file HD dijual dengan harga Rp 149.000,-.

Setelah transaksi berhasil, Anda akan diberitahukan bahwa film tersbut hanya bertahan sampai 48 jam dari pertama Anda memutarnya pertama kali. Hanya 2 hari saja, dan file tersebut akan tidak dinikmati lagi.

Hal ini tidak akan berlaku untuk film yang kita dapatkan dengan cara membeli.

Baik film yang disewa maupun dibeli bisa dipindahkan dari satu device ke device lain, semisal dari ponsel ke komputer atau ke Google TV, dengan catatan masih dalam rentang waktu peminjaman (khusus rent), dan hanya bisa satu file dalam satu device (khusus untuk rent). Jadi Anda akan diminta menghapus file dari device lama.

Sementara untuk pembelian film tidak akan ada pembatasan yang menyebalkan.

Previous
Next Post »
close